Hasil pencarian Google

Populer Pencarian Google

Monday, December 1, 2014

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Di waktu yang cukup senggang ini, Firdaus mau memberikan sebuah tips dan trik seputar domain, walaupun sudah banyak sih orang-orang yang memberikan tips memilih domain, Tapi kan semua orang punya pendapat yang berbeda-beda, terutama orang ganteng kali ini yang akan membahas tips memilih domain yang tepat ala Firdaus.

Domain merupakan bagian yang utama dalam pembuatan sebuah situs, yang merupakan alamat dari situs yang ingin teman-teman buat, Dalam tahap pemilihan domain yang seharusnya Anda pikirkan adalah topik dari sebuah situs yang ingin teman-teman dirikan, topik tersebut hendaknya berkaitan dengan apa yang teman-teman bisa, misalnya jika teman-teman punya keahlian
dalam bidang kesehatan, akan lebih baik jika topik yang di bahas adalah seputar kesehatan.

Setelah Topik yang teman-teman tentukan sudah joss dan  mantap dalam pikiran Anda, barulah menuju tahap pemilihan nama domain yang tepat, tentunya ada macam-macam Top Level Domain (TLD) domain yang bisa teman-teman beli, dari mulai .com, .net, .org, .info, .biz, .mobi, .dll, Dan untuk nama domain indonesia yaitu domain yang berakhiran ( .id ) seperti .id, .co.id, .web.id, .biz.id, dll. Tentunya ada persyaratan dari setiap (TLD) domain, dan khusus saran dari saya, lebih baik pilih .com karena bagi saya .com adalah yang paling JOSS. heheheheeh :D. Akan tetapi itupun tergantung dari kebutuhan dan karir teman-teman, om firdaus hanya memberikan saran aja kok bukannya menyuruh-nyuruh atau pun sok pintar, kita sama-sama belajar dan berbagi jika ada kelebihan dan bertanya jika ada kekurangan, betul tidak?

Nah setelah jika sudah memilih TLD, baru pergi ketahap selanjutnya yaitu memilih nama domain yang baik untuk karir dan profesi teman-teman. Jika teman-teman ingin menjadikan nama lengkap sebagai domain maka sebaiknya di singkat atau nama panggilan, misal dalam contoh nama lengkap seperti Firdaus Sangat Keren  (.mobi ), maka bisa dilihat kalau nama domain tersebut terlalu panjang bahkan lebay, lebih baik di ganti firdaus.mobi atau juga bisa disingkat menjadi FiSaKe, dan Firdaus-keren juga bisa, dan lebih cocok untuk sebuah situs. Lalu apabila teman-teman ingin nama domain yang berhubungan dengan topik yang Anda rencanakan, misalnya topiknya adalah seputar musik, maka saya akan ambil contoh Angel Music, menurut saya lebih tepat dijadikan Angel-music karena terasa lebih elegant dibandingkan dengan Angelmusic yang saya rasa kurang mantap, lebih baik juga bisa dibuat singkatan seperti an-mus.com , dan itu akan lebih mudah diingat oleh banyak pengunjung, Nama domain yang lebih pendek saya rasa lebih ampuh dan sudah pasti keren.

Itulah sedikit yang bisa saya uraikan menjadi sebuah tips memilih domain, intinya nama domain harus mewakili topik yang teman-teman rencanakan, TLD .com lebih ampuh dan mantap, yah itu sih menurut saya, keputusan kan pasti di teman-teman sendiri. Sekian dulu deh... semoga bisa bermanfaat buat yang lain.

Jangan lupa tinggalkan komentar, tapi jangan pakek link affliansi dan jangan spam ya....!!


3 comments:

  1. Tipsnya bagus, terus kalau nama domainnya sudah tak samain sama nama sendiri, gmna dong?

    ReplyDelete
  2. ya di beli gan? cari yang murah tapi pelayanannya bagus seperti Godaddy ( agak mahal sih tapi gampang banyak kupon kodenya), kemarin dapat domain 24.000 rupiah di godaddy.

    coba baca artikel saya yang lain gan di sini

    http://informasi-teman.blogspot.com/2014/12/dimana-tempat-bagus-membeli-domain-mari.html

    ReplyDelete
  3. Sepakat dengan isi artikel diatas mas.. Memang dibutuhkan perencanaan yang baik sebelum menentukan nama domain buat blog kita agar tidak capek 2 kali nantinya. Terimakasih sudah berbagi. Salam kenal saja mas

    ReplyDelete

Popular Posts